Geoheritage: Seorang arkeolog menggali sisa-sisa aktivitas manusia purba dari situs Gua Pawon di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 21 Maret.

Badan Geologi Bandung di Jawa Barat mengharapkan agar Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, bersama dengan Yogyakarta, akan mendapatkan sertifikat geoherecy nasional dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada tahun 2017.

Andiani, kepala tim verifikasi geopark Bojonegoro dari agensi, mengatakan dokumen geoheritage Bojonegoro hampir selesai. "Ini sekitar 80 persen. Saya masih harus mengunjungi lokasi, yang memiliki potensi geoheritage di Bojonegoro, "katanya seperti dikutip Antara, Rabu.

Andiani mengatakan bahwa jika Bojonegoro dan Yogyakarta ditentukan sebagai pelestarian budaya geologi, mereka akan menjadi dua kota pertama di Indonesia yang diberi status seperti itu setelah dikeluarkannya Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No.32 / 2016 tentang Pelestarian Budaya Geologi.

"Tahun ini, kami juga bertujuan untuk memberi peringkat potensi geoheritage nasional," katanya.

Sebuah proposal untuk memberikan status geoheritage kepada Bojonegoro disampaikan ke Badan Geologi Bandung pada tanggal 3 Maret. Namun, usulan yang telah ditandatangani oleh Bupati Bojonegoro Suyoto, harus disertai dengan surat persetujuan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

"Surat persetujuan gubernur bisa langsung disampaikan ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral," kata Andiani.

Hanang Samudra, kepala tim verifikasi geoheritage dari Badan Geologi Bandung, mengatakan potensi geologi Bojonegoro memenuhi 100 persen kualifikasi untuk dimasukkan ke dalam peringkat geoebral nasional. Ini termasuk fosil, formasi batuan dan kekayaan alam lainnya.

"Untuk mendapatkan status geoherign internasional dari UNESCO, terlebih dahulu harus diberikan status geoheritage nasional," kata Hanang. (thejakartapost)

Post A Comment: